Jangan Buru-Buru Ingin Resign

Jangan terburu-buru resign

Pernah merasa ngebet banget ingin mengundurkan diri dari sebuah perusahaan? Kalau pernah maka hal itu wajar banget kok bagi kalian yang sudah merasa stuck di kantor yang sekarang. Saya juga pernah dan mungkin masih mengalaminya, ingin resign sekarang juga! Saking ngebetnya kadang saya pernah berpikir tidak jernih. Padahal urusan pekerjaan ini merupakan hal yang fatal dan vital lho. Sekali Anda resign maka bisa jadi ada beberapa kepala yang butuh makan sementara Anda merupakan tulang punggung keluarga.

Resign memiliki arti mengundurkan diri dari pekerjaan yang sekarang dikarenakan benyak faktor. Adapun faktor seseorang resign dari pekerjaan antara lain:

1. Tidak cocok lagi dengan manajemen kantor
2. Tidak Cocok dengan lingkungan kerja dan pertemanan yang toxic
3. Karir yang stagnan dan gaji tidak ada peningkatan dari tahun ke tahun
4, Kebiasaan yang suka berpindah-pindah pekerjaan
5. Sudah mendapat pekerjaan baru di tempat lain.

Jika yang Anda lakukan berada di point nomor 5 maka saya ucapkan selamat karena itu artinya Anda sudah melakukan persiapan sebelum resign. Manusia pasti ingin menjadikan hidupnya lebih baik dari tahun ke tahun sehingga dengan mendapat pekerjaan di tempat baru diharapkan lebih membawa peningkatan donk dari kantor lamanya.

Namun jika yang alasan kalian ingin resign itu ada di point 1 sampai 4 maka saya katakan berhati-hatilah dan jangan gegabah dalam mengambil keputusan. Cobalah untuk merenung terlebih dahulu untung ruginya ketika terbawa emosi ingin resign seketika. Saya pernah berada di posisi itu dan memang terjadi pergolakan batin.

Tips sederhana dari saya agar kalian tidak buru-buru mengajukan surat pengunduran diri adalah:

  • Menabung selama 6 bulan gaji

Saya pernah membaca artikel namun lupa sumbernya darimana. Inti dari artikel itu adalah sebaiknya kita mempersiapkan dana untuk 6 bulan ke depan ketika jobless alias menganggur. Dana tersebut tentu saja ada perhitungannya yaitu sebisa mungkin 6x gaji kita yang ditabung. Syukur-syukur kita mendapatkan pekerjaan baru lebih cepat dari yang diharapkan.

  • Mencari pekerjaan baru sebelum resign

Ada artikel menarik lainnya yang memberi saran mencari pekerjaan di saat cuti. Seharusnya cuti bisa kita isi dengan liburan ke luar kota dan kegiatan lain yang sifatnya refreshing. Namun kali ini ada blogger yang berpendapat untuk menggunakan jatah cuti untuk mencari kerja. Ide bagus juga nih menurut saya.

  • Lakukan analisa mengapa Anda ingin segera resign dari kantor sekarang

Bukan analisa berat yang harus Anda lakukan melainkan untung rugi saja mengapa sih Anda harus resign sekarang juga. Apakah hanya karena emosi belaka, atau memang Anda sudah tidak tahan dengan situasi di perusahaan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version