Tips Berbelanja di Marketplace

tips berbelanja di Marketplace

Sebagai mom blogger, tentunya kita harus berusaha memperhitungkan biaya pengeluaran setiap bulannya. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Hal ini bertujuan agar ada dana lebih yang bisa ditabung setiap bulan, untuk berjaga-jaga apabila ada keperluan darurat.

Apalagi jika dalam rumah tangga, hanya suami yang bekerja sementara kita sebagai mom blogger bisa dibilang mendapatkan penghasilan apabila ada job menulis saja. Namun jangan khawatir, Allah SWT sudah mengatur rezeki setiap hamba-Nya sehingga meskipun hanya suami yang bekerja namun apabila pandai mengatur keuangan rumah tangga, maka Insha Allah biaya operasional dapat terkendali.

Saya pribadi sejak pandemi sudah mulai membiasakan diri untuk berbelanja kebutuhan dapur secara online. Ternyata sedikit lebih murah lho, dikarenakan ketika kita datang ke supermarketnya langsung maka keinginan untuk membeli barang-barang lain setidaknya pasti muncul. Sementara ketika berbelanja online, saya berusaha fokus pada list kebutuhan rumah tangga selama sebulan.

Beberapa kebutuhan rumah tangga yang bisa dibeli secara online misalnya saja:

  • Perlengkapan mandi
  • Bumbu dapur
  • Perlengkapan mencuci pakaian seperti deterjen, pewangi
  • Makanan dan minuman instan

Menurut saya ada beberapa manfaat positif ketika berbelanja kebutuhan bulanan secara online yaitu:

  1. Ada banyak pilihan toko sehingga bisa memilih harga yang paling hemat. Coba bandingkan ketika Anda harus datang ke satu supermarket, dimana pilihan barang hanya ada di supermarket itu saja. Ketika Anda tidak puas dengan supermarket tersebut, maka setidaknya harus keluar dan mencari swalayan lain hanya sekadar mencari barang yang lebih murah misalnya.
  2. Bisa fokus dengan jenis barang yang ingin dibeli. Hal ini sering saya alami dimana ketika niat awal berbelanja, hanya ingin membeli bumbu dapur namun manakala sampai di supermarket maka list belanjaan bertambah banyak karena keinginan konsumtif membeli barang lainnya yang justru tidak ada di list.
  3. Lebih aman karena tak perlu keluar rumah membawa uang tunai
  4. Lebih hemat tenaga dan juga waktu. Ketika Anda punya kesibukan lain seperti bekerja sehingga belum sempat mampir supermarket untuk berbelanja bulanan, maka sembari di kantor pun Anda bisa belanja kebutuhan dapur secara online tanpa khawatir stok di rumah habis.

Berbelanja di Marketplace, Solusi di Tengah Keterbatasan Waktu Bekerja

Selain karena ada beberapa barang yang lebih murah, berbelanja kebutuhan bulanan rumah secara online di Marketplace ternyata menjadi solusi bagi para mom blogger lho. Anda tetap bisa fokus menulis dan menerima job di rumah, sambil tak melupakan kewajiban membeli berbagai barang keperluan rumah demi lancarnya kegiatan operasional seluruh anggota keluarga.

Namun berbelanja di Marketplace juga tetap harus bijak agar ketika membeli barang nantinya Anda tidak menyesal dengan kualitas barang tersebut. Berikut beberapa tips ketika berbelanja di Marketplace:

  • Pilih Marketplace yang sudah mendapatkan ulasan banyak pengguna

Saat ini Marketplace di Indonesia sangat bersaing antara satu dengan lainnya. Saya percaya Anda sudah bisa menilai dan memilih Marketplace favorit untuk berbelanja. Tentunya pilih Marketplace yang sudah mendapat testimoni banyak pelanggan, utamanya dalam hal pengalaman berbelanja kebutuhan dapur secara online.

Ada beberapa Marektplace besar di Indonesia yang menawarkan keunggulan masing-masing. Sekarang keputusan ada di tangan Anda, hendak berbelanja melalui Marketplace mana. Tentu saja tidak ada yang salah ataupun benar karena perbedaannya hanya di faktor kenyamanan dan sejauh mana Anda terbiasa mengakses Marketplace tersebut.

  • Sebelum membeli, bandingkan terlebih dahulu harga diantara beberapa toko online

Biasanya saya suka membanding harga di 2 Marketplace langganan. Tidak ada salahnya juga kita membandingkan harga, toh kita tidak keluar biaya parkir dan tenaga untuk berjalan ke satu toko ke toko lainnya. Lha wong tinggal usap telunjuk di smartphone kita saja, hehehe.

Kalau sudah berhasil mencari harga termiring di toko online yang ada di Marketplace, biasanya bulan depan saya akan kembali ke toko tersebut untuk berbelanja kebutuhan bulanan rumah.

  • Lihat apabila ada promo yang ditawarkan

Nah, lagi-lagi promo masih menjadi faktor terpenting untuk para mom blogger nih dalam memutuskan hendak berbelanja di Marketplace mana. Saya pribadi suka banget memanfaatkan promo gratis ongkir untuk minimal pembelanjaan 0 rupiah. Biasanya sih ada moment tertentu untuk promo tersebut. Maka dari itu, saya pun rajin buka kalender untuk mengetahui hari besar Nasional, siapa tahu saja ada promo menarik yang ditawarkan oleh Marketplace langganan.

  • Pilih toko dengan jarak yang dekat dengan domisili Anda

Walaupun berbelanja secara online, namun saya terbiasa membeli barang di toko yang posisinya satu kota dengan tempat tinggal saya. Hal ini memengaruhi besarnya ongkos kirim yang harus saya tanggung sebagai pembeli. Syukur-syukur jika ada promo gratis ongkir dari luar kota, maka jika ada barang yang lebih murah akan saya beli meskipun akan memakan waktu sedikit lebih lama. Maklum, namanya juga emak-emak, pasti ingin dapat harga yang lebih miring lagi, hehehe.

Penutup

Berbelanja online itu bagi saya merupakan suatu keasyikan tersendiri. Ibaratnya kita bisa cuci mata secara online dengan melihat etalase produk dari toko online di sebuah Marketplace. Kalau sudah berbelanja online artinya mau tidak mau kita harus bersinggungan dengan gadget, dimana di dalam gadget tidak hanya ada aplikasi jual beli online saja.

Gadget saat ini sangat dibutuhkan oleh segala usia mulai dari untuk kemudahan berkomunikasi sampai dengan dalam rangka pendidikan. Oleh karena itu, anak-anak pun saat ini mudah sekali mengakses berbagai informasi dari gadget, tidak hanya untuk bidang pendidikan saja. Nah, penggunaan gadget sendiri oleh anak-anak kita tentunya saat ini harus dibarengi dengan filter yang ketat agar mereka tidak terpengaruh oleh dampak negatif yang ditimbulkan oleh adanya gadget.

Ketika memiliki anak yang sudah beranjak dewasa, ada baiknya orangtua harus mengawasi segala aktivitas anak yang berkaitan dengan penggunaan gadget. Tentu saja ilmu parenting sangat diperlukan dalam membersamai anak di masa remaja mereka.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version