Cara Menghilangkan Insecure

Pernah merasa insecure? Jika iya maka saya pun demikian. Walau mungkin sekarang rasa insecure itu bisa hilang sampai di kadar 70% tapi kita manusia yang pasti berada di kondisi up and down.

Insecure memiliki pengertian suatu keadaan tidak aman yang menimbulkan rasa tak percaya diri. Rasa percaya diri itu muncul ketika berhadapan dengan orang lain yang lebih berhasil dari kita.

Insecure tidak selamanya berhubungan dengan hal fisik semata. Contoh saya insecure di depan perempuan langsing karena saya gemuk. Namun ada juga insecure dari segi materi, pendidikan, karir dan lain sebagainya.

Contoh lain seseorang dengan pekerjaan yang biasa-biasa saja dan dengan penghasilan pas-pasan akan insecure misalnya dengan saudara kandung yang memiliki pekerjaan bergengsi dengan pendapatan fantastis.

Mengapa insecure terjadi? Kalau dari pengamatan saya sehari-hari di lingkungan maka hal berikut yang bisa mengakibatkan rasa insecure:

Pengaruh Lingkungan Sekitar

Misalnya saja kamu berada di lingkarang pergaulan yang menuntut sempurnanya penampilan, maka jika kamu tidak melakukan hal yang sama akan menimbulkan rasa insecure. Dalam hal ini sebenarnya tidak masalah kamu juga ikut memperbaiki penampilan dengan melakukan perawatan. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai menguras kantongmu ya. Apalagi jika penghasilanmu pas pasan.

Kurangnya Percaya Diri

Percaya diri perlu dipupuk semenjak kita terjun ke masyarakat. Hal ini dikarenakan kita akan bertemu dengan banyak orang dengan karakter bermacam-macam. Jika kita tidak punya rasa percaya diri yang tinggi maka yang ada hanya rasa insecure berlebih dalam diri sendiri. Kita akan selalu terbawa arus pergaulan dan akan selamanya ikut-ikutan jika tidak percaya pada diri sendiri. Biarkanlah mereka dengan segala gaya hidup dan kepemilikannya. Jika kamu belum mampu memilikinya maka jangan terpengaruh dengan gaya hidup teman ya.

Sempitnya Wawasan

Mengapa saya bilang insecure berkaitan dengan sempitnya wawasan? Hal ini dikarenakan keberhasilan seseorang tidak hanya dikaitkan dari fisik semata. Kamu bisa kok tetap bahagia walau dalam keadaan terbatas. Percayalah walau penghasilanmu kecil namun jika kamu punya keluarga yang harmonis maka tidak perlu insecure dengan tetangga yang punya mobil dan kemewahan lainnya.

Leave a Comment