Tips Menghadapi Teman Kerja Toxic

Pernahkah kalian berhadapan dengan teman kerja yang toxic? Kalau saya pernah dan bahkan sering berhadapan dengan teman kerja yang toxicnya minta ampun. Bahkan jika boleh dibilang saya sudah berada pada taraf yang akut berada di lingkungan kerja toxic.

Lalu bagaimana cara saya mengatasi dan menghadapi teman kerja yang toxic? Tentu saja saya tidak boleh lari dari masalah. Pasti tidak menyenangkan berhadapan dengan teman kerja toxic namun itulah dunia kerja.

Adapun tips menghadapi teman kerja toxic antara lain

Bekerja Profesional

Sebaiknya saya sarankan jika kalian memiliki teman kerja yang toxic jangan terlalu diambil hati yah. Kerjakan saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab kalian di kantor. Kalau di teman toxic itu selalu menghalangi atau mengacaukan pekerjaan kalian, segera buat batasan bahkan kalau perlu buat perjanjian tertulis kalau Anda sudah menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar pekerjaan Anda tidak dirusak oleh si toxic.

Jangan Terlalu Diambil Hati

Teman kerja toxic selalu berusaha mematahkan mental Anda dalam bekerja. Entah dia akan merendahkan hasil kerja Anda atau membuat Anda tak nyaman berada di kantor. Bahkan seorang junior pun mampu melakukan hal tersebut. Jangan kuatir, asal Anda tak ambil hati maka badai pasti berlalu.

Percayalah si toxic akan menuai balasannya sendiri. Anda tak perlu membalasnya dengan perbuatan yang serupa. Anda diam saja deh daripada seisi kantor ikut memanas. Saya awal berhadapan dengan si toxic merasa sakit hati juga tapi lama kelamaan dah kebal.

Jika Sudah Tak Tahan, Ajukan Resign Saja

Untuk kalian yang tidak tahan dan bawaannya baper, tidak apa-apa kok. Saya bisa merasakan yang kalian rasakan. Saya pun pernah baper. Jika kalian sudah tak tahan dengan si toxic maka bisa banget ajukan pengunduran diri saja. Daripada makan hati dan pekerjaan jadi berantakan. Yang namanya rezeki pasti ada saja kok.

Demikian sedikit tips dari saya yang mungkin bisa kalian terapkan di lingkungan kerja. Namun kembali lagi, semua orang punya caranya masing-masing menghadapi teman kerja toxic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version