Selamat Datang 2024, Syukuri Apapun Recap di 2023

recap-tahun-2023

Tahun 2023 lalu bisa dikatakan merupakan tahun tercepat yang pernah saya lewati. Entah kenapa, namun sejujurnya saya merasa waktu seolah cepat berlalu, padahal di tahun tersebut saya melewati yang namanya pasang surut kehidupan.

Berbicara mengenai pencapaian di tahun 2023, saya merasa sangat bersyukur karena masih diberi kesehatan oleh Allah SWT. Tentu saja sehat di tubuh saya akan dipergunakan untuk produktif menulis dan bekerja. Benar sekali, selain sebagai blogger, saya juga memiliki pekerjaan utama yaitu pegawai kantoran yang 8 jam harus stand by di kantor (meskipun berulang kali punya niat resign yang entah kapan terlaksana)

Kalau dibilang punya banyak pencapaian, rasanya tidak juga. Namun setidaknya saya merasa tahun ini cukup produktif pada beberapa kegiatan, khususnya ngeblog. Selain mengelola beberapa blog pribadi, saya juga aktif menulis di beberapa platform UGC seperti Retizen dan Kompasiana.

Setiap individu pasti memiliki pencapaian yang berbeda-beda dalam hidup mereka. Ada yang mulus dalam merealisasikan target hidupnya, tanpa hambatan sekalipun. Tapi ada juga yang harus tertatih menjalani 2023 karena ujian tak terduga yang datangnya dari Tuhan.

Apapun recap di tahun 2023, penting untuk kita syukuri selama masih membawa kita pada umur panjang sampai bisa bernafas di 2024 ini. Saya pribadi tidak memasang target tinggi dalam hidup ini, namun setidaknya harus tetap produktif sehingga tak ada waktu untuk melakukan hal sia-sia.

 

 

Penutup

Akhir kata, keinginan terbesar saya sebenarnya ingin terus eksis sebagai blogger bahkan sampai menutup mata ini. Blogger sendiri bisa dikatakan sebagai profesi penulis lepas, namun ditulis di platform milik pribadi yang apabila dishare ke khalayak umum maka dapat dibaca oleh setiap orang yang kebetulan memerlukan referensi.

Sebenarnya ada keinginan bagi saya untuk dapat memiliki buku non fiksi sendiri, dengan tema buku tentang perempuan. Namun mungkin tidak dalam waktu dekat ini dan saya pun harus banyak belajar bagaimana menulis buku non fiksi dengan benar.

Untuk kita semua yang baru menginjak hari ke-3 di tahun 2024, mari kita tetap semangat memulai awal tahun dengan rencana selama beberapa bulan ke depan. Jika ada rencana hidup yang tidak terealisasi, maka bersabarlah. Belum tentu tidak terealiasi melainkan belum terealisasi. Tetap optimis dalam menjalani 2024 dengan produktivitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *